Sunday, August 28, 2011

AIR HIDUP

Baca Firman Tuhan | Yohanes 7 : 38

Yohanes 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Setiap tanaman yang tidak mendapatkan serapan air dari dalam tanah maka tanaman tersebut akan menjadi layu, kering, dan mati. Demikian juga hidup manusia sangat bergantung pada air, sebab air menjadi kebutuhan manusia yang sangat penting. Tanpa air maka manusia akan sulit untuk bertahan hidup.

Dengan demikian air telah menjadi salah satu sumber kehidupan bagi seluruh mahkluk hidup. Bahkan dapat dikatakan bahwa kehidupan seluruh mahkluk hidup yang ada sangatlah bergantung kepada sumber air. Sayangnya kehidupan seluruh mahkluk hidup yang ada di dunia saat ini, hanya bersifat sementara, artinya ada waktu dimana mahkluk hidup itu pasti akan mati.

Kalau semua yang hidup di dunia ini pasti akan mati, dan dibalik kematian itu tidak ada lagi kehidupan, maka manusia akan hidup dan berusaha bagaimana ia bisa menikmati hidup sekarang saat ia masih bernafas sepuas-puasnya dan sesuka hatinya. Tetapi ternyata dibalik sebuah kematian masih ada kehidupan yang abadi.

Disinilah manusia diperhadapkan kepada dua pilihan, yaitu apakah hanya mau menikmati kehidupan hari ini dengan segala kesenangan dunia, atau menyerahkan hidup ini kepada YESUS KRISTUS TUHAN yang adalah sumber mata air hidup yang sesungguhnya dan hidup di dalam pengaturan-Nya, menuruti kehendak-Nya, supaya dapat memiliki kehidupan kekal setelah kematian.

Bila saat ini kita akhirnya mengerti bahwa kematian bukanlah akhir dari sebuah kehidupan, tetapi dibalik kematian masih ada kehidupan yang sesungguhnya yaitu kehidupan kekal, maka harus diakui untuk masuk dalam sebuah kehidupan kekal kita memerlukan sumber mata air kehidupan yang sesungguhnya. Dan sumber mata air kehidupan yang sesungguhnya adalah: YESUS KRISTUS TUHAN.


Firman Tuhan dalam Yohanes 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Artinya percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN akan membuat kita tetap optimis untuk menjalani hidup hari ini dalam segala keadaan, walaupun mungkin kehidupan yang sedang kita jalani masih jauh dari apa yang kita harapkan. Tetapi dengan menaruh percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN, berarti pengharapan kita tidak akan menjadi sia-sia, sebab Ia adalah sumber Air Kehidupan.

Percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN akan membuat sumber mata air kehidupan kita tidak pernah kering, sebab orang yang percaya kepada-Nya tidak akan dibiarkan jatuh sampai tergeletak.

Percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN, akan mebuat kita terus membangun persekutuan dengan Dia, sebab sama seperti pohon yang memerlukan aliran air, maka setiap orang percaya juga memerlukan Tuhan disetiap saat. Sehingga bukan lagi makan minum dan pakai yang menjadi kebutuhan utama kita, tetapi TUHAN adalah kebutuhan yang terutama dalam hidup orang percaya.

Apabila kita selalu menempatkan Tuhan sebagai kebutuhan hidup yang terutama, maka kehidupan kita akan sama dengan pohon yang ada di tepi aliran air yang tak pernah kering, dan yang akan terus berbuah pada musimnya.

Percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN akan membuat pohon kehidupan kita menjadi rindang, dimana ada banyak orang dapat berteduh saat terik panas matahari datang. Dengan kata lain, karena dari dalam hati kita mengalir aliran-aliran air kehidupan, maka kita akan dapat menjadi berkat bagi banyak orang dimanapun kita berada, dan dari hidup kita orang lain dapat melihat kasih KRISTUS secara nyata.

Menggantungkan hidup sepenuhnya di dalam tangan TUHAN, akan membuat kita menjadi orang yang tidak lagi takut menghadapi hidup saat ini, sebab apapun yang akan terjadi kita akan tetap percaya sumber mata air kehidupan itu tidak akan pernah kering. Artinya Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita, karena itu janji Firman-Nya dan janji-Nya adalah ya dan amin.

Orang yang selalu ada pada sumber mata air kehidupan akan selalu mampu mengucap syukur dalam segala keadaan. Karena baginya asal ada makanan dan pakaian itu cukup. Artinya fokus kehidupan setiap orang yang percaya kepada YESUS KRISTUS TUHAN, tidak lagi kepada segala kesenangan dunia saat ini, tetapi terus diarahkan bagaimana ia dapat mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan di dalam hidupnya dan tetap menjaga hidup untuk terus berkenan dihadapan-Nya.

Itulah sebabnya mengapa Tuhan Yesus katakan dalam Yohanes 4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Berbahagialah setiap orang yang saat ini mau mengambil keputusan untuk menyerahkan seluruh hidupnya kepada YESUS KRISTUS TUHAN, yang adalah sumber mata AIR KEHIDUPAN yang kekal itu. Sebab hanya orang yang menyerahkan hidupnya kepada YESUS KRISTUS TUHAN, dan hidup seturut firman-Nya, akan menerima upah yaitu: KEHIDUPAN KEKAL selama-lamanya. Amin.


No comments:

Post a Comment