Thursday, August 18, 2011

PELITA HIDUP

Firman Tuhan | Mazmur 119 : 105 FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Pelita hidup orang percaya saat ini seperti sedang tertiup oleh angin, yang dapat memadamkan pelita itu. Kalau pelita yang menjadi terang bagi jalan kita padam, maka jalan itu akan menjadi gelap. Kalau jalan itu menjadi gelap maka kita akan menjadi seperti orang buta yang tidak dapat melihat apa-apa.

Hari-hari terakhir sekarang ini adalah hari-hari yang jahat, dimana-mana terdengar begitu banyak keluhan; “sekarang sulit sekali cari uang . . . !”, lalu apabila kita melihat berita dimana-mana, kejahatan semakin menjadi-jadi. Ini menjadi sebuah bukti bahwa dunia ini tidak akan pernah menjadi lebih baik.

Kenyataan seperti ini harusnya membuka mata hati setiap orang percaya, untuk tetap besandar kepada Tuhan dan tidak pernah terguncang imannya. Keadaan memang terasa sulit, tetapi segala sesuatu yang terjadi saat ini sesungguhnya tidak terlepas dari kontrol Allah.

Dan orang yang terus berpegang pada janji Firman Tuhan dan mau berkata “FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku”, ia tidak akan pernah ditinggalkan Tuhan.



Ada banyak orang yang mulai berbalik meninggalkan Tuhan, karena tidak tahan dengan kenyataan hidup yang dihadapinya saat ini. merasa pergumulan hidup yang begitu berat sepertinya tidak ada jalan keluar, walaupun sudah berdoa tetapi rasanya seperti Tuhan tidak menjawab.

Akhirnya iman percaya kepada Tuhan mulai pudar, lalu tanpa sadar melakukan perbuatan yang bodoh dengan datang ke dukun, dan melakukan penyembahan berhala.

Perbuatan seperti ini kalau kita lakukan, sadarlah bahwa itu sama dengan kita telah menjadikan diri kita musuh Allah. Dan tanpa kita sadari perbuatan seperti ini telah menyeret kita berjalan dalam kegelapan hidup yang akhirnya akan berujung pada kebinasaan kekal, karena tidak dikenal oleh Tuhan.

Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, hati kita harus tetap percaya bahwa janji Firman-Nya ya dan amin. Seharusnya kita tidak terkejut lagi dengan keadaan dunia saat ini, karena Firman telah menyatakan itu semua.

2TIMOTIUS 3:1 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.

Kenyataan ini seharusnya semakin meneguhkan iman percaya kita kepada Tuhan Yesus kristus Tuhan kita, karena Firman-Nya terus digenapi, sekali lagi Firman-Nya ya dan amin.. Sehingga kesulitan hidup bagaimanapun tidak akan dapat membuat kita berbalik meninggalkan Tuhan, tetapi sebaliknya kita bisa mengucap syukur karena kita menaruh percaya kepada Allah yang hidup. Sebab semua yang difirmankan-Nya digenapi.

Lalu apa yang membuat kita takut saat ini . . ? apakah kita takut hanya karena tidak bisa makan hari ini . . ? Apakah kita takut hanya karena tidak punya uang saat ini . . ? Tuhan tidak pernah meninggakan anak-anakNya yang percaya kepada-Nya.

IBRANI 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."

ULANGAN 31:8 Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati."

Janganlah pernah meragukan pemeliharaan Tuhan atas hidup kita, karena Dia Bapa yang baik, yang selalu tahu apa yang terbaik bagi anak-anakNya yang mengasihi Dia. Teruslah melekat kepada Tuhan dan jangan pernah menjauh dari padaNya, sebab orang yang menjauh dari Tuhan akan binasa.

MAZMUR 73:27 Sebab sesungguhnya, siapa yang jauh dari padaMu akan binasa; Kau binasakan semua orang, yang berzinah dengan meninggalkan Engkau.

Jagalah pelita hidup kita jangan sampai padam. Apapun keadaan kita saat ini kita harus tetap mampu mengucap syukur dalam segala keadaan. Dan lengkapilah diri kita dengan segenap senjata Allah yaitu Firman Tuhan.

EFESUS 6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Apapun adanya kita saat ini, kita tidak berjalan dalam kegelapan kalau kita terus bersama-sama dengan Tuhan. Badai kehidupan boleh terus menerpa, tetapi pelita hidup kita tidak akan padam, sebab kita terus bersandar pada Tuhan dan berkata: FirmanMu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Amin.

Bila engkau diberkati dengan dengan Artikel ini, mengucapsyukurlah kepada Tuhan, sebab Dia Baik bagi kita semua.

5 comments:

  1. Sungguh renungan yg benar2 menguatkan. Dan biarlah Setiap ayat yg diberikan dlm renungan ini akan selalu mengingatkanku dalam menjalani hidup ini. Amin . Tapi kenapa engga ada yg update?

    ReplyDelete
  2. Mazmur/ מזמור/ Mizmor 119 : 105 dalam bahasa Ibrani aslinya 👇
    '' נר לרגלי בדרך ואור לנתיבתי "
    Cara membacanya 👉 : " Ner leragli Devarkha veOr lin'tivati. "Terjemahan harfiahnya 👉 : " Pelita bagi kakiku FirmanMu dan Terang bagi perjalananku. "
    Tuhan memberkati. 🕎✡🐟✝🕊🇮🇱

    ReplyDelete